3 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

cara-menghemat-uang-belanja
Cara Menghemat Uang Belanja

Mengatur keuangan sangat penting untuk masa depan finansial setiap orang. Tidak terkecuali, untuk kamu yang sekarang berstatus sebagai anak kos.

Mengatur keuangan untuk anak kos perlu dilakukan agar tetap bisa mencukupi kebutuhan di setiap bulan. Jika tidak mengelola keuangan dengan baik, tidak jarang akan membuat anak kos mengalami masalah keuangan di akhir bulan.

Berikut adalah cara mengatur keuangan anak kos yang bisa kamu coba:

Mengatur dengan Prinsip 50-30-20

Berbicara untuk mengatur keuangan secara umum, maka prinsip 50-30-20 pas untuk diterapkan dalam pengelolaan keuangan anak kos. Kalau 50-nya itu kita pakai untuk hal-hal yang menyangkut dengan kebutuhan pokok (Needs). Lalu yang 30 untuk Wants (senang-senang), dan yang 20 persen untuk ditabung

Mencatat Semua Pengeluaran

Setelah melakukan pengelolaan keuangan dengan prinsip 50-30-20, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mencatat semua kebutuhan dan pengeluaranmu selama sebulan. 

Selain itu, usahakan untuk belanja kebutuhan satu bulan, daripada harus membeli kebutuhan berkali-kali. Berbelanjalah di toko yang bisa menyediakan kebutuhan dengan harga yang sangat miring. Langkah ini akan membantumu menghemat.

Memasak Sendiri

Langkah menghemat lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai anak kos ialah memasak makanan sendiri, tapi ini dapat dilakukan jika kos yang ditinggali memiliki fasilitas dapur.

Masaklah nasi sendiri, dan memasak makanan sederhana. Ini akan membantu meminimalisir pengeluaranmu untuk membeli makan.

Misalnya, dalam 1x makan kita mengeluarkan biaya Rp15.000, jika sehari makan 3x maka selama sehari mengeluarkan uang Rp45.000 untuk makan. 

Jika Anda memasak sendiri, mungkin akan lebih murah dengan uang sebesar Rp20.000 sudah dapat memasak untuk makan selama sehari.

Cuci Baju Sendiri

Langkah hemat lainnya yang dapat kamu lakukan ialah mencuci pakaian sendiri. Meski banyak jasa laundry, baik yang kiloan maupun eksklusif buka di sekitar kosan, mencuci baju sendiri justru membuatmu bisa lebih menghemat pengeluaran. 

Biaya yang dikeluarkan untuk laundry dapat kamu alokasikan untuk membeli detergen yang dapat digunakan beberapa kali cuci.

Contohnya, ongkos laundry kiloan Rp6.000, kamu mencuci pakaian selama seminggu rata-rata 5 kilogram. Maka, Rp6.000×5 kg = Rp30.000×4 minggu= Rp120.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *