3 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Setelah Libur Panjang!

cara-menghemat-uang-belanja
Cara Menghemat Uang Belanja

Mengatur keuangan pribadi memang seharusnya segera dilakukan saat mulai memasuki awal tahun. Faktanya, momen Tahun Baru memang dapat menguras kantong, terutama untuk kamu yang sedang berlibur ke luar kota atau luar negeri.

Berikut adalah lima cara mengatur keuangan pribadi setelah liburan Tahun Baru yang bisa kamu terapkan:

1. Evaluasi Pengeluaran

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulihkan kembali keuangan yang tidak teratur adalah melakukan evaluasi pengeluaran. Catatlah segala bentuk pengeluaran selama liburan Tahun Baru, termasuk uang kecil untuk bayar parkir.

Bisa dibilang, detail itu lebih baik. Kamu juga perlu mengetahui seberapa besar pengeluaranmu, baik untuk kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier.

Tujuannya, untuk mengetahui berapa total uang yang sudah kamu habiskan sebagai target pemulihan keuanganmu dalam satu bulan ke depan.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan dengan sisa uang yang dimiliki sekarang biar ada bayangan seberapa besar dana yang dapat digunakan selanjutnya.

2. Dahulukan Membayar Utang

Saat liburan, seringkali kita memilih berutang untuk beberapa pengeluaran. Misalnya, menggunakan Traveloka PayLater untuk membeli tiket pesawat biar bisa dicicil setiap bulan.

Jangan lupa juga mencatat berapa uang yang harus kamu anggarkan untuk membayar utang. Faktanya, hidup penuh dengan tanggungan utang itu sangat tidak enak.

Usahakan hindari membayar utang lewat dari jatuh tempo agar uang kamu keluarkan tidak semakin besar.

3. Harus Paham Antara Kebutuhan dan Keinginan

Tanpa disadari, banyak orang masih gagal membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal tersebutlah yang dapat membuat mereka akhirnya terlilit utang dan tersiksa dengan urusan utang piutang setiap bulan.

Agar tidak nyebur ke lubang hitam tersebut, dan tak membuat keuanganmu berantakan usai liburan Tahun Baru, kamu harus memahami betul antara kebutuhan dan keinginan.

Bahkan, jika ada beberapa kebutuhan yang bisa tekan atau dihemat, harus banget kamu jalankan. Misalnya, membeli sampo atau sabun mandi kemasan refill.

Ingat, meski hanya menghemat beberapa ratus rupiah tetap saja penghematan dan percaya atau gak hal itu ternyata bisa memengaruhi kehidupanmu di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *