3 Cara Menghemat Uang Bulanan dengan Mudah

cara-menghemat-uang-belanja
Cara Menghemat Uang Belanja

Cara menghemat uang memang bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau dibilang susah, banyak orang berhasil menekan pengeluaran. Tapi jika disebut gampang, nyatanya ada banyak orang yang gagal berkali-kali dalam menyisihkan uang untuk berhemat.

Semuanya memang akan kembali lagi ke pribadi setiap orang. Intinya, harus memiliki tujuan finansial agar bisa mengatur keuangan dengan baik.

Maka dari itu, kami ingin membagikan beberapa cara menghemat uang bulanan yang mudah dan bisa bikin kantongmu selalu tebal. Yuk, simak 3 caranya di bawah ini:

1. Membuat anggaran

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghemat uang adalah, membuat anggaran bulanan yang jelas.

Misalnya, apa saja pengeluaran pasif yang pasti kamu keluarkan setiap bulan. Seperti bayar cicilan mobil atau bayar listrik dan air untuk bantu orang rumah.

Setelah anggaran sudah ditetapkan, baru bisa fokus dengan sisa uang kamu untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Salah satunya, pergi umrah.

Dengan anggaran bulanan yang ketat, kamu akan ikut terfokus dalam menjalankan perencanaan keuangan yang telah dianggarkan hingga akhirnya berhasil menghemat pengeluaran bulanan.

Walaupun begitu, perlu diingat kalau membuat anggaran jangan dilebihkan atau dikurangkan nominalnya. Tujuannya, agar tujuanmu dapat tercapai.

2. Langsung sisihkan pendapatan

Jika sudah membuat anggaran bulanan, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan penghasilan saat gajian.

Dengan ini, kamu jadi tidak punya alasan untuk menunda mengeluarkan uang untuk pos-pos yang sudah ditentukan.

Pasalnya, tak sedikit orang langsung merasa ‘tajir’ saat gajian. Ada yang langsung berbelanja baju atau bahkan mentraktir makan teman-teman. Ujung-ujungnya keuanganmu pun jadi amburadul. Kalau kamu terus boros, jangan heran jika masa depanmu bakal suram.

Bukan pelit, tapi lebih berhemat demi masa depan yang lebih baik. Setuju?

3. Catat setiap pengeluaran

Sudah berusaha menghemat pengeluaran tapi kok uang masih habis saja. Nah, itulah pentingnya kamu mencatat setiap uang yang sudah dikeluarkan.

Dengan demikian, kamu jadi mengetahui kemana keluarnya uang-uang kamu dan bisa lebih menekan pengeluaran yang gak penting.

Karena itu, mulai sekarang siapkan buku kecil dan catat setiap uang yang keluar dari kantong dan rekening kamu. Kalau diperlukan, buat seperti jurnal agar lebih mudah dibacanya di akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *