3 Kesalahan Asuransi yang Harus Dihindari

transfer-uang-lewat-alfamart
Transfer Uang Lewat Alfamart

Meski asuransi kini banyak yang menggunakan terutama setelah munculnya BPJS sebagai asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan dengan premi yang terbilang cukup rendah, tidak  jarang beberapa orang menginginkan proteksi tambahan yang didapat dari asuransi lain, misalnya dari perusahaan asuransi swasta.

Namun, tak jarang keputusan ini justru melahirkan sebuah kesalahan asuransi bagi nasabah. Apa saja kesalahan asuransi tersebut yang seringkali terjadi di masyarakat? Berikut ulasannya !

1. Merasa Iba Dengan Agen Asuransi

Kesulitan untuk menarik perhatian masyarakat agar menjadi nasabah asuransi terkadang cukup membuat para agen asuransi menjadi pekerja dengan citra yang membutuhkan belas kasihan. Akhirnya, calon nasabah tak jarang yang mendaftarkan diri sebagai nasabah hanya karena merasa kasihan terhadap agen promosinya yang mungkin bisa jadi orang terdekat seperti keluarga dan tetangga.

Tetapi sadarkah Anda bila dengan sikap ini Anda bahwa ini adalah kesalahan auransi yang sering terjadi ?

Belum lagi jika premi yang harus dibayar tiap bulannya relatif tinggi. Masih terdapat masalah mengenai aturan dan kebijakan yang ditetapkan perusahaan asuransi, misalnya mengenai pengajuan klaim, yang berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain.

2. Tidak Mengetahui Manfaat dari Asuransi

Poin 2 ini mungkin menjadi kesalahan asuransi yang cukup memprihatinkan namun kerap terjadi. Tak jarang masyarakat terdaftar sebagai anggota atau nasabah asuransi tertentu dengan pikiran mendapatkan proteksi dan jaminan terhadap dirinya selaku pemegang polis.

Nyatanya, tidak semua jenis asuransi memberikan manfaat yang sama, meski terkadang beberapa jenis bergabung menjadi satu paket dengan jenis asuransi lainnya.

3. Tidak Ada yang Tahu Anda Memiliki Asuransi

Ketika Anda tidak memberi tahu kepada orang-orang terdekat Anda bahwa Anda punya asuransi, itu merupakan kesalahan asuransi. Efeknya akan sama saja ketika Anda tidak memiliki asuransi. Maksudnya, ketika terjadi apa-apa dengan Anda yang biayanya bisa tertanggung dari klaim yang Anda ajukan kepada perusahaan tempat Anda mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi, keluarga Anda tak akan mengajukan klaim dan berusaha menutupi semua tagihan sendiri.

Membiarkan keluarga atau kolega Anda tidak mengetahui bahwa Anda memiliki asuransi juga akan memberatkan mereka yang akan mengurus segala keperluan Anda yang sebenarnya sudah Anda persiapkan, hanya tinggal persoalan siapa tenaga yang akan mengurusnya. Ada baiknya kesalahan asuransi ini dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *