3 Kesalahan Finansial yang Harus Dihindari

kirim-uang
Kirim Uang

Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengatur finansial. Tetapi, cara yang dilakukan oleh orang kaya cukup berbeda dari kebanyakan orang. Mereka jauh lebih teliti dalam mengelola setiap rupiah yang akan digunakan.

Jika dibandingkan dengan kebanyakan orang, kesalahan finansial tak bisa dihindari. Mereka selalu lupa untuk mencatat setiap pengeluaran, terlebih yang nominalnya kecil. Walaupun uang bukan segalanya, tetap saja perlu mengetahui dan melakukan bagaimana cara orang kaya dalam mengelola uang agar kondisi finansialnya tetap sehat. Maka dari itu, hindari kesalahan finansial ini agar Anda tidak gagal lagi.

1. Membeli Sesuatu Tanpa Pertimbangan yang Matang

Apa yang dibutuhkan orang sukses hampir sama dengan apa yang umumnya semua orang butuhkan. Bedanya, mereka selalu lebih teliti sebelum membeli suatu barang. Mereka cenderung memikirkan manfaatkan dari barang yang akan dibelinya dengan matang agar uang yang dikeluarkan memberi manfaat yang lebih. Saat membeli barang,  utamakan kualitas daripada kuantitas. Barang yang berkualitas memiliki umur ekonomis yang jauh lebih lama dibandingkan dengan barang murahan. Hal ini juga termasuk salah satu cara berhemat ala orang kaya agar mereka tidak melakukan kesalahan finansial dengan membeli barang yang sama untuk kesekian kalinya.

2. Menghamburkan Uang Untuk Kebahagiaan Semu

Meskipun memiliki uang melimpah, mereka tidak menggunakan uangnya untuk sesuatu yang hanya bersifat semu, seperti pesta pora atau berjudi. Kebiasaan pesta dan judi harus dihindari karena kegiatan ini sama saja dengan menghambur-hamburkan uang dan merupakan kesalahan finansial. Daripada habis untuk berpesta, cobalah untuk berinvestasi pada instrumen investasi yang menguntungkan seperti properti dan contoh lainnya. Dengan berjalannya waktu, nilai dari aset yang mereka investasikan akan mendatangkan keuntungan yang lebih melimpah. Tak heran jika jumlah kekayaan mereka semakin bertambah dan kesalahan finansial dapat dihindari.

3. Pergi Belanja Tanpa Membuat Anggaran

Keinginan berbelanja sering kali muncul tanpa disadari. Maka dari itu, usahakan untuk selalu membuat anggaran belanja dan membawanya saat berkunjung ke pusat perbelanjaan. Jika anggaran belanja Anda tertinggal di rumah, kamu dapat membuat anggaran belanja baru sebelum pergi belanja. Waktu yang dibutuhkan untuk menciptakan anggaran baru tidaklah lama, hanya berkisar 10 – 15 menit saja. Dengan ditulisnya anggaran, keslahan finansial akan terhindarkan. Barang-barang yang dibeli tidak akan keluar dari daftar kebutuhan sehingga pengeluaran semakin terkontrol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *