3 Tips Nyusun Budget Ramadhan Dengan Tepat

Uang Digital

Bulan Ramadhan telah tiba, layar televisi pun sudah tayang iklan-iklan berbagai produk untuk Ramadhan. Bulan yang paling spesial bagi umat muslim ini memiliki berbagai keistimewaan.

Lucunya, telah menjadi sebuah tradisi jika bulan Ramadhan tiba, maka pengeluaran dan kebutuhan akan terus melonjak, ditambah lagi harga kebutuhan pokok akan meningkat. Berikut adalah tips menentukan budget Ramadhan

1. Susun Budget Ramadhan

Menyusun budget keluarga untuk satu bulan penuh akan sangat membantu guna mengontrol berbagai kebutuhan, termasuk pengeluaran yang rutin dan tidak rutin.

Untuk pengeluaran rutin, biasanya akan dikeluarkan secara pasti. Diantaranya pembayaran tagihan, seperti listrik, air, hingga telepon, maupun entertainment dan belanja kebutuhan keluarga.

Pengeluaran utang atau cicilan, pos ini penting dialokasikan dengan cemat. Agar saat kebutuhan biaya meningkat, pos cicilan tetap terpenuhi dengan aman. Mulai dari cicilan rumah, kendaraan, hingga kartu kredit. Tetapi ingat pos ini tidak boleh melebihi 30 persen dari penghasilan bulanan.

Investasi, salah satu pos penting ini juga tak boleh dilewatkan, jangan sampai kebutuhan meningkat, pos investasi jadi terabaikan, atau anggaran investasi dialihkan demi konsumsi.

Sediakan dana investasi sebesar 10 persen dari penghasilan setiap bulan, tentunya disesuaikan dengan  rencana keuangan setiap bulan.

Kemudian, yang tak kalah penting adalah menyiapkan dana darurat. Dana ini digunakan sebagai cadangan apabila ada kebutuhan biaya yang tak terdua, seperti sakit, atau kebutuhan mendesak.

2. Atur Alokasi Uang THR

Tunjangan Hari Raya (THR) tentu menjadi budget ramadhan tambahan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tetapi banyak yang terjebak dengan mengutamakan konsumtif semata, agar tak hilang begitu saja, susun alokasi uang THR setelah Ramadhan.

Dana THR bisa digunakan untuk investasi, atau pembayaran zakat, infaq, dan sedekah dalam satu tahun.

Alokasikan juga uang THR sebagian masuk kedalam pos biaya tak terduga.

3. Belanja Kebutuhan dengan Bijak

Setelah menentukan budget Ramadhan, tentu harus konsisten akan apa yang sudah disusun dan jangan keluar dari garis yang sudah ditetapkan.

Belanja kebutuhan Ramadhan juga bisa disiapkan dari saat ini, dimana harga kebutuhan pokok masih stabil dan terjangkau.

Mulai dari kebutuhan sehari-hari, hingga kebutuhan Lebaran nanti, dengan itu pos keuangan yang disiapkan akan sesuai budget anggaran keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *