Gagal Menabung? Mungkin Ini 4 Biang Keroknya

uang-online
Uang Online

Banyak orang yang sering kali gagal menabung tapi tidak pernah menyadarinya. Kebiasaan buruk mengatur uang memang kadang baru terasa saat situasi darurat. Saat butuh pengeluaran tambahan atau timbul keinginan dadakan. Perlahan, pelbagai layanan penyedia pinjaman pun jadi menarik perhatian. Waduh, siap-siap terjerat godaan utang, deh.

Kira-kira kenapa susah banget yah buat disiplin menabung? Biar kebiasaan buruk ini jadi kenangan, kamu harus tahu dulu nih penyebabnya. Dengan begitu, kamu baru bisa mencari cara menyikapinya. Kepengin dong punya kondisi keuangan yang selalu aman sentosa? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Korban gaya hidup

Bayangkan jika bulan depan kamu akan mendapatkan kenaikan gaji. Kira-kira apa yang kamu pikirkan? Berniat untuk menyimpan uang dalam tabungan atau justru langsung terbayangkan barang-barang yang mau dibeli? Satu hal yang pasti, kamu akan gagal menabung ! Oleh karena itu kurangi gaya hidup sesuai dengan budget yg dimiliki.

2. Suka menunda-nunda

Mungkin awalnya kamu tidak berniat untuk menghabiskan penghasilan tanpa harus menabung terlebih dulu. Tapi, karena tidak dilakukan dengan segera, niatan menabung jadi tidak terlaksana sampai penghasilan gak bersisa dan gagal menabung.

Kalau kamu punya kecenderungan untuk menunda-nunda sesuatu, tenang, urusan tabungan bisa mudah diatasi. Gunakan sistem penarikan otomatis yang telah dijadwalkan tiap bulannya atau pada tanggal gajian. Dengan begitu, tanpa melakukan tindakan apa pun, sebagian penghasilanmu telah berhasil diamankan.

3. Kamu suka membandingkan diri dengan orang lain

Saat tetangga baru beli Volvo, mobil di garasi rumah jadi tampak kalah telak. Kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana cara kita menyikapinya gak bisa sembarangan.

Kalau melihat tetangga beli mobil baru membuatmu jadi terinspirasi untuk bekerja lebih giat, itu bagus. Akan tetapi, kalau hanya bikin “panas” dan buru-buru cari fasilitas KTA, ini baru gawat.

4. Gak punya tujuan keuangan

Kamu merasa gajimu cukup untuk memenuhi segala kebutuhan tanpa diharuskan untuk menabung? Jika begitu, coba pikir-pikir lagi apa yang ingin kamu lakukan atau miliki beberapa tahun ke depan. Misalnya, liburan ke luar negeri atau punya mobil pribadi.

Banyak juga nih yang gak menganggap menabung cukup penting sehingga selalu gagal menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *