Inilah Keuntungan dan Kerugian Belanja Online yang Harus Kamu Ketahui!

cara-menghemat-uang-belanja
Cara Menghemat Uang Belanja

Siapa sih yang gak suka belanja online? Ada beberapa dampak positif dan negatif dari belanja online yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Berikut ulasannya!

Kelebihan belanja online

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari online shop dibandingkan dengan offline yaitu:

1. Praktis dan efisien

Hal pertama yang membuat belanja online itu terasa begitu nagih adalah kepraktisannya untuk dijalankan. Kamu tak butuh hal ribet selain smartphone aja untuk melakukan kebiasaan yang satu ini.

Biasanya belanja di internet dilakukan saat mengisi waktu kosong seperti ketika naik kendaraan umum, menunggu teman dan juga beristirahat di kasur rumah.

Selain praktis, online shop juga menawarkan efisiensi waktu yang sangat cepat. Gak sampai 5 menit pun kamu udah bisa melakukan transaksi dan tinggal menunggu barangnya sampai ke rumah.

2. Hampir semua produk yang diinginkan ada

Kamu pasti pernah merasa kesal pergi ke suatu tempat dan gagal menemukan barang yang dicari, kan? Kejadian kaya gitu kemungkinan kecil terjadi jika kamu berbelanja di media sosial. Sebab kamu cukup mencari dan melihat apakah produk yang dicari dijual apa gak.

Bisa dibilang hampir setiap produk yang dijual di pasaran offline bisa kamu cari di jual beli online. Bahkan rumah atau mobil sekalipun sekarang banyak diiklankan di internet.

Kerugian belanja online

1.  Menjadi konsumerisme

Kekurangan yang utama dari belanja online adalah kebiasaan ini bisa memupuk rasa konsumerisme yang muncul dalam diri sendiri. Karena kemudahan yang diberikan oleh online shopping.

Seringkali tanpa disadari kamu berbelanja produk-produk yang sebenarnya bukan kebutuhan melainkan hanya keinginan semata.

2. Gak bisa melihat barangnya secara langsung

Kerugian berikutnya yang bisa kamu rasakan jika membeli produk secara online adalah tidak bisa melihat barang secara langsung seperti di retail. Hal ini dapat meningkatkan risiko barang yang kamu beli cacat atau rusak ketika sampai di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *