Lakukan 3 Cara Hidup Hemat ini Agar Masa Tuamu Nyaman dan Bahagia

uang-elektronik
Uang Elektronik

Cara hidup hemat memang harus diterapkan oleh setiap orang sejak usia dini. Tujuannya, agar di masa tua nanti kamu dapat hidup nyaman dan tentu saja mencapai kebebasan finansial alias freedom money.

Untuk itu, yuk terapkan tiga cara hidup hemat ini agar masa tuamu bahagia. Bagaimana caranya? Langsung simak aja di bawah ini:

1. Menggunakan teori 50/20/30

Teori 50/20/30 merupakan sebuah teori yang dipopulerkan oleh seorang pakar keuangan sekaligus profesor asal Harvard, Amerika Serikat yaitu Elizabeth Warren.

Teori tersebut menyarankan kamu untuk membagi penghasilan ke tiga pos yaitu:

Jadi untuk gaya hidup kamu hanya memiliki bujet 30 persen dari penghasilan. Misalnya, gaji per bulanmu Rp 10 juta. Maka Rp 3 juta merupakan dana maksimal yang bisa kamu gunakan untuk belanja, nongkrong hingga jalan-jalan.

Dengan begitu, kamu tetap bisa gaul tapi urusan investasi dan menabung terus berjalan. Asik dan gak memberatkan bukan?

2. Membuat daftar kebutuhan

Ingat ya, kebutuhan bukan keinginan. Kalau keinginan tentu banyak sekali yang bakal kamu beli. Tapi ujung-ujungnya, uang keburu ludes. Karena itu, kamu perlu membuat daftar kebutuhan dan kalau bisa juga menekan pengeluarannya.

Gimana caranya?

Langkah pertama, kamu perlu mengecek apa saja barang yang sudah dan akan habis. Tak lupa untuk menuliskan juga perkiraan harga untuk barang-barang tersebut.

Nah, kalau sekiranya ada barang yang bisa diisi ulang. Gak perlu beli baru. Karena lumayan banget kamu jadi bisa menghemat beberapa ribu rupiah.

Setuju kan beda selisih harga ratusan rupiah tetap saja namanya penghematan yang nantinya bisa kamu alokasikan ke pengeluaran yang lain.

3. Hindari kartu kredit, gunakan uang tunai

Sering dengar kasus orang jual harta benda karena terlilit utang? Nah, masalah itu terjadi karena mereka menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak penting.

Misalnya membayar tagihan makanan bareng sama teman-teman dengan berhutang. Uangnya bukan dialihkan ke tempat yang aman untuk membayar tagihan kartu kredit tapi malah untuk beli jajanan lagi. Itu bukan hal terbaik dalam cara hidup hemat.

Ujung-ujungnya kaget saat datang tagihan karena utang lebih besar dibanding penghasilanmu. Gak ada pilihan lain, kamu hanya mampu bayar minimum payment. Kejadian tersebut terus berulang hingga akhirnya kamu terjerat utang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *