Mau Bebas Utang di Usia Muda ? Ikuti 3 Cara ini!

uang-digital
Uang Digital

Masih muda tapi banyak utang? Pusing gak kalau kamu terlilit banyak utang? Nah, ada nih cara-caranya agar kamu bebas utang dan kondisi keuangan kamu lancar alias bebas utang.

Sejatinya utang emang gak bakal terlepas bagi orang-orang jaman sekarang. Baik yang muda maupun tua pasti mau gak mau memiliki utang.

Kini ada nih caranya buat kamu yang muda gak terlilit utang. Sebelumnya kami udah sering banget nih membahas gimana caranya gak banyak utang. Namun, kali ini mungkin aja bisa membantu kondisi keuangan mu jauh lebih baik. Yuk, kita simak tips bebas utang di bawah ini:

Perencanaan keuangan itu penting sekali

Saat kamu udah memiliki penghasilan sendiri penting nih untuk merencanakan keuangan kamu. Hal ini merupakan kunci agar kamu bisa sukses dan jauh dari hutang. Lakukan perencaan biar kamu bisa mencapai tujuan keuangan yang sehat. Pertimbangkan segala sesuatunya ketika menggunakan uang. Cara ini dijamin sih bisa bikin kamu bebas utang.

Bikin susunan skala prioritas buat setiap cicilan kamu secara rinci. Udah gitu kamu mesti disiplin nih saat memiliki cicilan tiap bulannya hingga utang kamu lunas.

Bikin batasan belanja yang jelas

Ketika kamu pengin bebas utang, mau gak mau mesti memiliki batasan saat berbelanjaan. Jangan sampai kamu “jor-joran” saat mengeluarkan uang usai gajian atau dari tabungan.

Bikin batasan yang jelas, misalkan ketika pergi ke pusat perbelanjaan usahakan jangan membawa kartu kredit. Ketika kamu membawa kartu kredit yang namanya keinginan buat belanja pasti besar banget nih.

Bawa uang secukupnya atau kartu debit aja, dengan demikian kamu pasti mikir-mikir nih buat belanja.

Memiliki dana darurat

Lagi-lagi dana darurat, kami udah sering banget nih membahas perihal yang satu ini. Kegunaan dana tak terduga dijamin sangat membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Fungsi dana mendadak sangat membantu ketika kamu mengalami sakit atau hal-hal yang gak diinginkan. Buat kamu yang masih bujang sangat perlu nih memiliki dana mendesak. Baik itu berupa deposito maupun reksa dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *