Pengin Punya Duit Rp 1 Miliar? Gini Cara Menabung Praktis

uang-online
Uang Online

Menabung praktis itu sebenarnya banyak kok caranya. Tapi yang terpenting itu ya gak menyusahkan aja. Maksudnya gak bikin kamu keki sendiri karena dipaksa buat menabung.

Misalnya, gaji kamu sebesar Rp 5 juta. Gak mungkin kan kamu nabung Rp 3 juta setiap bulannya. Kamu juga harus memikirkan, biaya buat kebutuhan sehari-hari. Jadi, intinya menabung itu sah-sah aja asal gak bikin kamu susah sendiri.

Berikut empat tips menabung praktis untuk kamu yang ingin punya duit Rp 1 miliar. Ini beberapa cara yang udah dirangkum

1. Memiliki rekening lebih dari satu

Cara pertama menabung praktis yang perlu dilakukan agar tujuanmu memiliki uang Rp 1 miliar dalam jangka waktu tertentu dapat tercapai adalah memulainya dengan membuat rekening terpisah.

Jadi, rekening buat kebutuhanmu mesti dipisahkan dengan rekening tabungan. Masalahnya, kalau tidak dipisah maka kamu bakal sulit untuk mengontrol pengeluaranmu.

Maksudnya di sini adalah kamu akan merasa ada uang lebih di rekening dan percaya atau gak ternyata hal tersebut dapat menciptakan keinginan buat menghabiskannya lho.

2. Konsisten

Setelah kamu memiliki rekening lebih dari satu, kamu juga harus konsisten buat menabung praktis setiap bulan dan kalau bisa tentukan berapa jumlah uang yang harus ditabung.

Namun, sebelum menentukan berapa jumlah uang yang harus kamu tabung perlu menghitungnya terlebih dahulu dan pastikan gak membuatmu tercekik.

Nah, kalau kamu tipikal orang yang sulit konsisten menabung. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas autodebet yang biasanya ditawarkan oleh bank.

Dengan begitu, mau gak mau uangmu setiap bulan akan ditarik otomatis oleh bank sesuai dengan jumlah dan waktu yang udah ditentukan, salah satunya adalah produk tabungan berjangka.

3. Sisihkan dana tabungan di awal

Cara menabung praktis selanjutnya adalah dengan menyisihkan dana di awal. Sisihkan setidaknya 20 persen dari penghasilan bulananmu.

Jika penghasilanmu sebesar 10 juta rupiah per bulan, maka dana yang harus kamu tabung sebesar 2 juta rupiah. Namun, jika jumlah tersebut dinilai terlalu berat, kamu bisa menyesuaikannya persentase tersebut. Kamu bisa memulai dengan jumlah terkecil yaitu 10 persen dari total penghasilan.

Tujuannya adalah agar kamu dapat memanfaatkan sisa uangmu dengan bijak. Jadi, tabungan kamu tidak akan diganggu gugat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *