Perhatikan 3 Hal Ini Saat Ajukan Dana Pinjaman Online

uang-digital
Uang Digital

Hati-hati buat kamu yang lagi mencari dana pinjaman online. Pasalnya, peminjaman ilegal masih ditemukan dan jumlahnya cukup banyak. Tentu aja keberadaan penyedia pinjaman ilegal ini kudu diwaspadai. Sebab tindak tanduknya bisa merugikan banyak orang.

Satgas Waspada OJK pun memberi imbauan kepada masyarakat buat selalu mewaspadai keberadaan pemberi peminjaman ilegal. Sebelum-sebelumnya, OJK pun udah merilis daftar pemberi pinjaman yang terdaftar alias legal yang keamanannya telah dijamin OJK.

Tidak hanya daftar pemberi pinjaman legal, OJK juga telah menindak 73 aplikasi yang gak terdaftar sama sekali. OJK sendiri sejauh ini telah menghentikan 144 pemberi pinjaman online, termasuk P2P lending.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK selalu memperbarui siapa aja penyelenggara financial technology (fintech) yang melakukan kegiatan pemberian pinjaman secara resmi. Sejauh ini jumlah yang tercatat telah mencapai 99 fintech

Selain memerhatikan daftar perusahaan yang menyediakan dana pinjaman online yang dirilis OJK, ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu perhatikan saat hendak mengajukan pinjaman online. Apa aja? Cari tahu dalam ulasan berikut ini.

1. Ada review positif yang diberikan ke perusahaan penyedia dana

Biasanya kalau orang-orang yang mendapat pinjaman puas dengan layanan penyedia pinjaman, mereka bakal memberi review positif. Review dari mereka tersebut bisa kamu temukan di Play Store di mana aplikasi pinjaman tersebut di-download.

2. Bunga yang dipatok penyedia dana pinjaman dalam besaran yang wajar

Jangan buru-buru ajukan dana pinjaman karena prosesnya yang mudah. Gak jarang di balik segala kemudahan tersebut, tersembunyi bunga pinjaman bernilai besar.

Sayangnya, OJK gak bisa ikut campur dalam urusan pengaturan besaran bunga ini. Makanya kamu perlu selektif dalam memilih pinjaman dengan membandingkan besaran bunga pinjaman yang satu dengan bunga pinjaman lainnya.

3. Telepon dengan tujuan memverifikasi

Penyedia dana pinjaman online yang benar akan menelepon kamu dengan tujuan memverifikasi data-data dalam aplikasi pengajuan. Hati-hati dengan penyedia peminjaman yang sering menelepon cuma buat menawarkan pinjaman. Bisa jadi itu penyedia pinjaman ilegal.Nah, itu tadi daftar penyedia peminjaman online resmi yang terdaftar OJK dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat ajukan pinjaman. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *