Punya Cicilan Kartu Kredit ? Atasi Dengan 3 Cara Ini !

Uang Digital

Banyak orang yang masih ragu punya cicilan kartu kredit. Alasannya sih mereka gak mau diliputi rasa khawatir akan pembayarannya. Bisa dimengerti sih kenapa ada orang yang punya pikiran kayak gitu.

Terkadang rasa khawatir juga dirasakan para pengguna layanan kredit. Beragam pertanyaan merongrong pikiran mereka.  Nah, buat kamu yang adalah pengguna kartu dan merasa khawatir dengan cicilan yang harus dibayarkan, ada beberapa cara nih yang perlu kamu tahu dalam mengatasi hal tersebut, seperti apa cara-caranya? Yuk, disimak di bawah ini:

1. Jadwalkan pembayaran cicilan kartu kredit dan jadikan prioritas

Pembayaran cicilan itu jangan ditunda-tunda. Begitu ada uang langsung aja dibayarkan daripada nanti kehabisan uang lalu bingung gimana bayarnya. Ujung-ujungnya cicilannya jadi tertunggak deh.

Makanya jadwalkan deh kapan cicilan mau dibayarkan. Paling mudah sih saat menerima gaji, segera bayar secara penuh cicilannya. Pastikan tanggal gajian jatuh sebelum tanggal jatuh tempo.

Dengan begitu, ketika kamu terima gaji terus membayar cicilan, gak ada deh tuh cerita telat bayar. Pembayaran bisa lancar dan cicilan pun tidak ada yang menunggak.

2. Kalau gak langsung bayar pakai gaji yang diperoleh, manfaatkan dana tabungan

Menabung itu emang kasih banyak keuntungan. Salah satunya adalah bisa menjadi dana pembayaran cicilan kartu kredit. Hal ini bisa dilakukan asalkan kamu berada dalam situasi di mana gajimu telah habis terpakai.

Namun, bukan berarti selanjutnya kamu harus menggunakan tabungan terus ya untuk membayar cicilan. Terus-terusan dipakai bisa bikin saldo tabungan habis nantinya. Sebab penggunaan dana tabungan itu ditujukan buat hal-hal yang urgen.

Selain itu, tabungan yang telah terpakai harus diisi kembali agar nantinya bisa dipergunakan buat keperluan-keperluan lainnya.

3. Selalu pastikan total cicilan selama sebulan gak melewati dari 30% gaji

Dalam artikel-artikel sebelumnya, kami selalu mengimbau agar kredit atau utang sebisa mungkin jangan lebih dari 30% gaji selama sebulan. Sebab kondisi yang melebihi 30% bisa bikin kondisi keuangan gak sehat nantinya.

Makanya pastikan selalu besaran tagihan yang kamu tanggung selama sebulan gak lebih dari 30 persen gaji. Kamu bisa mencatat setiap pengeluaran yang ditransaksikan dengan kredit supaya tahu sampai batas mana pemakaian kartu.

Walaupun ada limitnya, kamu bukan berarti menjadikannya sebagai acuan pemakaian. Emangnya kamu mau bayar cicilan sesuai limit yang Rp 10 juta padahal idealnya cuma Rp 3 juta?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *